Kamis, 19 November 2015

Ok guys langsung saja di tutorial kali ini kami akan membuat tutorial tentang membuat multimedia kipas dengan action sript dan movie clip bagai mana cara nya? 

perhatikan  step by step di bawah ini.
pertama Buka macromedia fles kemudian  pada layer 1 ganti nama dengan mc_kipas, buat kipasnya terlebih dahulu dengan menggunakan rectangle tool atau oval tool.
buat lah seperti gambar berikut.


 Jika sudah klik kipas tersebut dan convert to symbol ke movie clip, ingat titik hitam pada registration harus berada di tengah. Beri nama mc_kipas >> ok, setelah itu klik dua kali pada objek untuk masuk ke mode movie klip dengan nama mc_kipas


 Buat 3 layer dengan masing-masing nama kipas, tombol dan body
Pada kipas dan tombol kita kunci terlebih dahulu. Untuk layer body kita buat tubuh dari kipas kita. Lalu buka layer tombol, kita buat tombol yang sesuai dengan tubuh dari kipas itu.

 Buat 1 tombol terlebih dahulu dengan nama btn_cepat, caranya sama seperti kita bahas kemarin hehehe. Didalam scene btn_cepat buat angka 2, kemudian buat btn_lambat dengan angka 1 dan btn_stop


 Buat 2 layer lagi dengan nama label dan action
pada label, di frame 1 ada keyframe kemudan beri nama stop, frame 2 beri nama lambat dan pada frame 35 beri nama cepat, 



serta jangan lupa untuk insert frame pada frame 50.
Label ini berfungsi untuk memberi tanda dan action pada tombol dan saat play.
kenapa jarak frame cepat lebih sedikit karena untuk memperlihatkan kecepatan saat nanti dijalankan, semakin pendek jarak pada label cepat dengan frame terakhir akan memperlihatkan semakin cepat pula kipasnya berputar, begitu pula sebaliknya untuk sekrip tiap tiap action silahkan lihat gambar di bawah ini 

ini untuk Action Stop : stop;


Action Lambat sebagai berikut  : gotoAndPlay(' lambat');


 dan trakir Action Cepat : gotoAndPlay('cepat');


oh iya jangan lupa pada tombol tombol juga di kasih sekrip lho ya .. modah kok tnang aja
pada tombol stop kasih sekrip
on (release)
{
 stop;
}

pada tombol lambat  sebagai berikut :
on (release)
{
 gotoAndplay('lambat');
}

Trakir pada Tombol cepat :
on (release)
{
 gotoAndplay('cepat');
}

Pada layer kipas kita insert 2 keyframe yang pertama sejajar dengan label cepat dan yang kedua pada frame terakhir. Lalu create Motion Tween pada awal dan akhirnya.Pada motion tween yang pertama di properties >> rotate, kita ganti menjadi CW/CCW. begitu juga dengan tween yang kedua. Ingat jika yang pertama CW yang kedua juga harus CW, karena jika yang pertama CW dan yang kedua CCW atau sebaliknya nanti saat diplay kipas yang berputar tidak searah.



 Jika sudah selesai, silahkan cek animasi kalian dengan CTRL+Enter
gampang- gampang susah kan selamat mencoba guys.

2 komentar:


  1. tutorialnya sudah bagus, ada baiknya klo blog ini dikembangkan. kombine dengan kehidupan sehari hari, kuliah, hobby dan jangan lupa lakukan blogwalking, siapa tau suatu saat bloggnya bisa menghasilkan rupiah kayak punya saya :) http://dsukmana.wordpress.com (coba cek dan komentari ya)


    Tugasnya kok belum lengkap?
    loadmovie blm ada

    BalasHapus