Kamis, 07 Mei 2015



Salah satu ikan air tawar yang mempunya banyak penggemar adalah ikan Gurame. Banyak sekali variasi masakan gurame yang sudah kita ketahui bersama. Kali ini saya akan mengajak teman teman untuk membuat Resep Gurame Asam Manis SederHana Enak untuk menu makan keluarga hari ini. Ya, selain resep gurame saus tiram, resep gurame goreng tepung dan gurame bakar, resep ikan gurame ini memang menjadi salah satu favorite keluarga di Indonesia. Selain itu, resep yang akan kita buat kali ini bisa juga sedikit diberi variasi baru untuk menambah cita rasanya, seperti asam manis nanas atau asam manis pedas.
Pada dasarnya, resep ikan gurame pada umumnya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bakar, rebus dan goreng. Kali ini, Resep Gurame Asam Manis menggunakan 2 macam variasi tersebut, yaitu digoreng kemudian direbus supaya bumbu bumbu nya lebih masuk ke dalam dagingnya dan rasanya lebih nikmat. Kadang beberapa orang gagal dalam proses pembuatannya dan hasilnya jadi keras dan kurang nikmat. Untuk membuat gurame asam manis, ikan yang digoreng jangan terlalu lama. Cukup beberapa menit saja supaya cita rasa kuahnya nanti bisa meresap ke dalam dagingnya. Selain itu, pembersihan kulit ikan juga harus benar benar bersih.
Memang variasi resep ikan ini cukup gampang ditemui dan didapatkan di sekitar kita, mulai dari warung pinggir jalan sampai hotel bintang 5 pun menyediakan masakan ini. Beberapa teman tema mungkin beranggapan bahwa lebih enak dan praktis untuk membelinya daripada repot repot membuat Resep Gurame Asam Manis. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya salah, cuma kalau kita punya sedikit waktu luang, terutama di saat libur kegiatan masak Gurame Asam Manis ini bisa menjadi salah satu pengisi waktu yang cukup mengasyikkan. Selain itu, kita juga bisa berkreasi dngan menambahkan beberapa bahan untuk meningkatkan cita rasa resep nya. Atau mungkin kita juga bisa menambahkan sosis, nanas atau yang lain. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan menuju detail resep ikan gurame di bawah ya.
Resep Gurame Asam Manis Pedas Enak
Bahan bahan Resep Gurame Asam Manis
  1. Ikan Gurame ukuran sedang kecil sebanyak 1kg (kira kira dapat 2 atau ukuran yang besar sekalian 1 kg). Cuci bersih dengan air mengalir, belah dan keluarkan isi perutnya.
  2. Bawang putih lokal ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. 2pcs dimemarkan digunakan untuk membuat saosnya dan sisanya dihaluskan untuk dioleskan ke ikan guramenya.
  3. Tepung maizena yang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 4-5 sendok makan.
  4. Garam dapur beryodium, gula pasir putih dan merica secukupnya.
  5. Daun bawang segar sebanyak 1-2 batang. Cuci bersih dan potong kecil kecil.
  6. Bawang bomay ukuran kecil sebanyak 1 pcs. Kupas dan potong kecil kecil agak menyerong.
  7. Cabai merah kurang lebih 3-4 pcs. Cuci bersih dan potong juga agak menyerong.
  8. Saus tomat yang bagus sebanyak 4-5 sendok makan.
  9. Air bersih kurang lebih sebanyak 150 cc.
  10. Cuka kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil.
  11. Buah ketimun dan wortel secukupnya untuk sayuran saosnya.
  12. Jahe kupas bersih kurang lebih sepanjang 2 cm.
  13. Margarin kurang lebih 2 sendok makan untuk menumis.
  14. Minyak secukupnya untuk menggoreng.
Cara Masak Resep Ikan Gurame Asam Manis
  1. Setelah ikan dibersihkan dan dibelas, lumuri dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dan sedikit merica sampai rata.
  2. Lumuri gurame dengan tepung maizena sampai semua bagian tertutup.
  3. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil. Beri minyak cukup dan goreng ikan gurame diatas samapi semua bagian terendam ke dalam minyak. Goreng sebentar saja sampai agak kecoklatan dan tiriskan.
  4. Siapkan penggoengan lagi dan beri margarin untuk menumis bumbu sausnya.
  5. Masukkan 2pcs bawang putih dan bawang bombaynya. Aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  6. Masukkan jahe yang sudah dimemarkan, daun bawang, garam secukupnya, merica, gula, cuka dan saus tomatnyanya. Aduk semua bahan sampai rata.
  7. Masukkan wortel dan timunnya. Aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Campur air dan tepung maizenanya lalu masukkan ke dalam bahan bahan bumbu diatas. Masak sebentar sampai saos agak mengental.
  9. Masukkan ikan yang sudah doreng diatas dan aduk aduk sebentar supaya bumbu agak masuk kedalamnya.
Biasanya, beberapa teman tidak memasukkan ikan saat memasak sausnya. Mereka hanya menyiram saus tersebut diatas ikan. Cara ini sebenarnya juga benar, tetapi kalau teman teman menginginkan Resep Gurame Asam Manis Pedasnya terasa sampai kedalam daging ikannya, sebaiknya ikan tidak digoreng terlalu kering dan dimasukkan saat proses pengolahan terakhir. Hal ini dilakukan supaya bumbu bumbu nya terasa sampai kedalam ikannya. Yang perlu diingat adalah hati hati saat mengaduk saus dan ikannya supaya bentuk ikan guram tidak hancur. Apabila teman teman suka pedas, silahkan menambahkan cabai rawit beberapa pcs. Untuk ide memasak resep ikan gurame yang lain, silahkan mencoba membuat Resep Gurame Bakar Bumbu Rujak atau mencoba

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Boleh dicoba nih gan resepnya. Kunjungi balik blog saya ya (http://befira.blogspot.com/)

    BalasHapus
  3. mantap banget resepnya jadi pengen nyoba Resep Masakan Bunda

    BalasHapus