Selasa, 30 Juni 2015



Berbisnis adalah usaha yang di pandang sebagian orang adalah kegiatan yang membutuhkan banyak modal . tetapi sekarang pandanga itu sedah dimentahkan karena sekarang berbisnis bisah di lakukan tanpa modal, bagai mana caranya? Ini yang mau saya bahas di post kali ini.

Di era globalisasi saat ini internet adalah penggerak di segala bidang , mulai dari pendidikan ,kesehatan sampai bisnis pun bisah dilakukakan melalui internet. Berbisnis di internet adalah bisnis yang menggunakan modal sangat minim, bahkan tanpa modal pun bisa. Di dalam berbisnis di internet tentunya kita juga harus menguasai tentang B2C (bisnis to Customer) atau CRM (Customer Relationship Management) .

Ini sedikit pengamatan saya tentang B2C & CRM di mikronet yaitu bisnis temanan saya yang kebetulan bisnis nya bergerak di bidang jasa jaringan internet(Akses internet),pembuatan web dan servis komputer.
Taukah anda apa itu B2C??? B2C adalah Proses yang terjadi antara pembisnis yang menjual produk atau jasa kepada customernya melalui jaringan internet.
Tantangan yang dialami dalam menjalakan Bussiness To Customer diantaranya yaitu:

1. Membangun privasi dan kepercayaan customer . membangun kepercayaan ke pada customer bisa di lakukan dengan cara memberi garansi kepada pelanggan atau bila pelanggang komplain, setelah di croscek bila perusahaan terbukti ada kelalaian perusahaan menanggapi dengan cara ambil bawah.

2. Membangun loyalitas dan ketergantungan antara pembisnis dengan customer .loyalitas bisa terjai bila perusahaan bisah memberi layanan dengan baik.

3. Kelengkapan, jasa kususnya tentang penyedia jaringan. Maksudnya karena dalam perusahaan tersebut beregerak di bidang jasa penyedia internet maka di sini banyak macam macam nya sesuai harga, misalnya tarif perbulan dengan kecepatan sekian atau tarif mingguan itu disi ada semua. .

4. Perasaingan pasar yang semakin banyak para pembisnis yang melakukan B2C


Tahapan atau aktifitas B2C di perusahaan mikronet ini adalah di antaranya Promotion,Ordering dan After seles service.Pada tahap Promotion perusaann ini bila mempunyai prodak baru/ perubahan hargabiasanya mengesair melalui Web nya kemudian di tambah lagi di share melalui jejaring sosial media. Kalau ordering ya seperti perusahaan lainnya yaitu dengan cara nego terhadap customernya langsung,bisah via telepon atau ketemu lagsung. Sedangkan pada After seles service perusahaan ini biasaya selalu memantau ,misalkan ada kerusakan atau gangguan di customernya maka dari perusahaan segera menanggapinya dengan mengirim tim ahli.

Bila berbisnis di dalam internet jangan lupa tentang masalah CRM. Apa itu CRM?

CRM (Customer Relationship Management ) adalah usaha sebuah perusahaan untuk menjaga pelanggan (supaya tidak lari ke pesaing) dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon,email, masukan situs atau hasil pembicaraan dengan staff sales dan marketing.

Pada perusaan mikronet ini CRM yang dilakukan adalah membuat group di sosmed disitulah ada banyak customer yang saling berbagi pengalaman atau sekedar say hello ke antar customer, selain itu tiap bulan ada kiriman email dari perusahaan ke customer yang berisi testimoni dari customer. Dan yang terakir ini yang mungkin membedakan dengan perusahaan lain di perusahaan ini si customer di tawari untuk memasang Radio BREAK , bila berkenan maka perusahaan akan mengurus dan memasangnya dimana Radio BREAK itu tentunya sudah di seting local dengan server perusahaan dan para customer lainnya.




3 komentar: